Perdagangan Elektronik

Perdagangan Elektronik
Perdagangan Elektronik

Perdagangan Elektronik atau e-commerce merupakan salah satu mata kuliah kekhasan di bidang Creative Industry Digital Economy, and Entrepreneurship (CDE) yang akan diberikan pada perkuliahan di program studi Sarjana Teknik Telekomunikasi. Apa itu Perdagangan Elektronik? Untuk kenal lebih jauh, silahkan baca tulisan di bawah ini.

E-commerce adalah transaksi jual-beli melalui media elektronik dengan internet. E-commerce juga sering diartikan sebagai sebuah proses bisnis dengan teknologi elektronik yang dapat menghubungkan sebuah perusahaan dengan konsumen termasuk masyarakat luas dalam transaksi jual-beli serta pelayanan informasi, jasa dan lain-lain melalui elektronik dan internet. Selain itu, E-Commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, jasa, dan informasi secara elektronik.

Oleh karena pengertian tersebut, ada kesalahpahaman tentang e-commerce dan marketplace. Istilah e-commerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik. Marketplace sendiri adalah salah satu model e-commerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. 

Kesimpulannya, e-commerce merupakan kegiatan transaksi jual-beli barang ataupun jasa, melalui elektronik yang menggunakan internet, tidak hanya bisa dilakukan di daerah lokal saja, tetapi bisa dilakukan antar kota bahkan antar negara.

Yuk kenalan lebih jauh dengan program studi S1 Teknik Telekomunikasi dan kunjungi laman website official ITTelkom Jakarta ya!

Leave a comment

Your email address will not be published.